Paket Wisata Pulau Tidung Kepulauan Seribu

Spread the love

Berwisata telah menjadi tren yang berkembang di masyarakat beberapa waktu terakhir. Aktivitas tersebut banyak dilakukan oleh sebagian besar masyarakat di Tanah Air. Tak sedikit dari masyarakat yang sengaja mengisi waktu senggangnya dengan berlibur, seperti pada libur weekend atau libur nasional. Paket wisata Pulau Tidung pun belakangan banyak menjadi alternatif oleh masyarakat, khususnya masyarakat yang berasal dari wilayah sekitar Ibukota Jakarta.

Sekilas Tentang Pulau Tidung

Lokasi Pulau Tidung sendiri tak terlalu jauh dari wilayah Ibukota Jakarta, transportasi menuju Pulau Tidung juga secara khusus telah disediakan untuk mengantar jemput masyarakat dari dan ke pulau tersebut. Pulau Tidung merupakan bagian dari Kepulauan Seribu yang letaknya berada di wilayah perairan sebelah utara Kabupaten Tangerang atau Teluk Jakarta.

Pulau Seribu ini punya beragam gugusan kepulauan kecil dengan karang yang terhampar seluas kurang lebih 8,7 Km persegi. Gugusan kepulauan kecil tersebut banyak bertebaran di sekitar wilayah Pulau Tidung. Menurut data geografis, jumlah kepulauan kecil tersebut mencapai kurang lebih 105 pulau.

Sebagian besar dari kepulauan masuk ke dalam wilayah Kepulauan Seribu. Pulau Tidung menjadi obyek wisata yang cukup diminati oleh masyarakat yang hendak merencanakan wisatanya ke Kepulauan Seribu. Destinasi wisata yang ditawarkan sendiri cukup beragam dan indah untuk dipandang.

Mengapa Pulau Tidung?

Pulau Tidung banyak dipilih sebagai destinasi wisata masyarakat sekitar Ibukota karena lokasinya yang dekat serta cukup mudah untuk dijangkau. Selain itu, fasilitas yang tersedia di Pulau Tidung sendiri sudah cukup memadai bagi wisatawan yang tengah berlibur di sana.

 

Akses menuju ke Pulau Tidung tidak terlalu sulit untuk dijangkau, para pengunjung dapat menggunakan kapal ferry yang terdapat pada Dermaga Muara Angke. Kemudian pengunjung dapat memilih rute ke Pulau Tidung yang durasi perjalanannya tidak lebih dari 2,5 jam. Bila pengunjung punya kocek yang lebih, speed boat dari Dermaga Marina Ancol juga menarik untuk dicoba, sambil menikmati suasana pantai di sekitar Teluk Jakarta.

Wisata Pulau Tidung

Kini, berwisata ke Pulau Tidung semakin mudah dilakukan. Adanya paket wisata Pulau Tidung membuat kunjungan wisata ke pulau tersebut menjadi mudah. Beberapa destinasi wisata yang ditawarkan ketika berada di Pulau Tidung antara lain:

  1. Jembatan Cinta

Jembatan kayu yang menghubungkan antara Pulau Tidung Kecil dan Pulau Tidung Besar ini menjadi ikon yang tidak boleh dilewatkan. Jembatan ini sangat populer untuk dikunjungi dan berfoto di sekitarnya. Para pengunjung dapat menikmati pemandangan sunset yang indah dari jembatan tersebut. Selain itu, pengunjung juga dapat menantang nyali dengan melompat dari jembatan langsung ke laut.

  1. Pulau Tidur Besar

Kawasan ini merupakan pulau awal yang akan menyambut para pengunjung ketika menjejakkan kaki di Kepulauan Seribu. Pulau Tidur Besar telah dihuni oleh masyarakat yang cukup banyak. Di Pulau Tidung Besar, terdapat beberapa tempat bersantai untuk menikmati panorama pantai dengan perairan biru yang jernih dan indah. Fasilitas yang ditawarkan pun cukup lengkap, mulai dari tempat akomodasi, warung makan, toko kelontong hingga atm telah tersedia di Pulau Tidung Besar ini.

  1. Pulau Tidung Kecil

Berbeda dengan Pulau Tidung Besar, Pulau Tidung Kecil sendiri letaknya agak jauh dari Pulau Tidung Besar sehingga pulau tersebut menjadi tidak berpenghuni dan lebih dikhususkan untuk lokasi pelestarian mangrove atau tanaman bakau.

Adapun hutan bakau yang ada di Pulau Tidung Kecil tersebut berfungsi untuk melindungi pesisir pantai dari pengikisan atau abrasi karena gelombang laut yang menggempur terus menerus. Pada Pulau Tidung Kecil, para pengunjung biasanya akan diikutsertakan dalam penanaman tumbuhan bakau untuk mencegah dari abrasi.

Pantai Saung Perawan

Salah satu pantai cantik yang wajib dikunjungi ketika berada di Pulau Tidung adalah Pantai Saung Perawan. Pantai satu ini dihiasi oleh pepohonan yang rindang sehingga udara di sekitar pantai menjadi sejuk. Pantai juga dapat diakses oleh pengunjung dengan menggunakan sepeda atau berjalan kaki.

Di dekat pantai, terdapat banyak warung yang dapat digunakan untuk bersantai menikmati pemandangan sambil mengobrol dengan kawan. Pengunjung juga bisa menikmati kuliner laut yang disediakan di warung pinggir pantai tersebut.

  1. Makam Keramat

Di kawasan Pulau Tidung, terdapat makam dari tokoh yang disegani sebelumnya. Tokoh tersebut merupakan seorang panglima kerajaan yang sakti dan ikut berjuang pada saat perang kemerdekaan melawan Belanda. Para pengunjung dapat berkunjung ke makan dengan jalan kaki atau bersepeda dengan melalui Jembatan Cinta.

Fasilitas Paket Wisata

Bila pengunjung memilih menggunakan paket wisata, berikut beberapa fasilitas yang diperoleh:

  • Transport kapal dari Kaliadem Muara Angke – Pulau Tidung PP
  • Homestay/penginapan AC
  • Makan sebanyak 6x
  • Alat untuk snorkeling
  • Kapal untuk snorkeling
  • Guide untuk snorkeling
  • Tour guide
  • Banana boat

Demikian tadi rincian tentang paket wisata Pulau Tidung beserta pilihan destinasi wisata menarik yang ada di Pulau Tidung. Selamat Traveling!