Simak 5 Wisata Petualangan Yang Dinikmati Traveler

Spread the love

Berpetualang kini menjadi salah satu kegemaran generasi muda untuk mengisi waktu luangnya. Berpetualang sendiri kini juga semakin mudah untuk dilakukan, banyak layanan wisata yang menawarkan sensasi petualangan yang menantang adrenalin khususnya bagi generasi muda.

Banyaknya anak-anak muda yang tertarik dengan kegiatan petualang karena didorong rasa ingin tahu yang tinggi serta ingin mengambil pengalaman dan memacu diri untuk berani dalam mengambil resiko. Indonesia sendiri merupakan surga bagi para pencari tantangan di alam.

Memanjang dari Sabang hingga Merauke, cukup banyak potensi wisata yang menawarkan kegiatan berpetualang yang tak boleh dilewatkan, khususnya bagi para jiwa-jiwa traveler yang haus akan perjalanan dan pengalaman seru. Dimulai dari pesisir pantai yang indah hingga ketinggian gunung maupun lembah yang wajib untuk dieksplorasi.

5 Wisata Petualangan Menarik

Kekayaan alam yang terdapat di Tanah Air membuat negeri ini menjadi surga bagi para traveler, berikut 5 jenis wisata petualangan yang tak boleh dilewatkan.

  • Berselancar atau Surfing

Indonesia dikenal punya jajaran pantai yang menawarkan ombak dengan karakteristik yang cukup beragam. Tak mengherankan jika Indonesia disebut sebagai tujuan surfing terbaik oleh para surfer-surfer dunia. Dimulai dari pesisir barat Sumatra yakni Mentawai yang telah lama menjadi rujukan para surfer, kemudian Uluwatu Bali, Desert Point Lombok dan Pantai Plengkung yang ada di Banyuwangi.

  • Mendaki Gunung

Dikenal masuk dalam jajaran negara dengan cincin api dunia, Indonesia punya beragam pegunungan yang indah dengan ketinggian rata-rata mencapai 3.000 hingga 3.900 meter di atas permukaan laut. Tak pelak, hal tersebut membuat kegiatan mendaki gunung menjadi salah satu yang banyak dilakukan. Beberapa gunung yang menjadi favorit para pendaki ialah Gunung Semeru di Probolinggo, Gunung Rinjani di Lombok, NTB, Gunung Kelimutu di NTT hingga Puncak Jaya di Papua.

  • Rafting

Beberapa waktu terakhir, kegiatan petualang yang satu ini cukup banyak peminatnya di Tanah Air. Terlebih setelah dibukanya Sungai Bawah Tanah Goa Pindul di Gunung Kidul yang membuat masyarakat tertarik untuk mencoba kegiatan petualangan menyusuri sungai ini.

  • Snorkeling

Aktivitas satu ini juga kini banyak menjadi favorit anak muda milenial yang tertarik mengeksplore keindahan bawah laut Indonesia. Menikmati indahnya laut dengan hiasan terumbu karang dan coral yang cantik menjadi andalan beberapa pulau kecil di Indonesia, sebut saja seperti di Raja Ampat, Derawan, Wakatobi dan Kepulauan Seribu.

  • Diving atau Menyelam

Seperti halnya snorkeling, diving merupakan kegiatan menyelam namun dengan menggunakan perlengkapan tertentu karena kedalaman eksplorasi laut yang berbeda. Bila snorkeling tidak memerlukan sertifikat, diving memerlukannya untuk memastikan kesiapan penyelam di bawah laut nantinya. Destinasi wisata terbaik untuk menyelam seperti di Bunaken Sulawesi, Komodo di NTT dan Karimun Jawa di Jawa Tengah.

Hal Yang Dipersiapkan Sebelum Traveling

  • Pakaian

Bawa pakaian seperlunya dan sesuaikan dengan tempat yang nantinya akan dituju. Tak lupa siapkan jaket untuk mengantisipasi cuaca dingin di tempat tujuan.

  • Perlengkapan Obat-obatan

Siapkan obat-obatan pribadi untuk mengantisipasi bila timbul sakit atau alergi pada tubuh. Siapkan obat anti alergi, perlengkapan P3K, minyak kayu putih dan pereda masuk angin.

  • Dokumen Penting

Beberapa dokumen penting seperti KTP, SIM, Paspor maupun Visa perlu dipersiapkan dengan baik dan usahakan untuk ditempatkan di satu tempat khusus untuk menghindari dokumen yang tercecer ketika adanya pengecekan.

Demikian tadi informasi seputar 5 wisata petualangan yang menarik serta beberapa hal yang dipersiapkan ketika hendak bertraveling. Selamat traveling!