7 Destinasi Wisata Surfing Indonesia Favorit Peselancar

Spread the love

Indonesia sebagai negara kepulauan membuatnya memiliki banyak objek wisata alam berupa pantai dan beberapa di antaranya sangat cocok untuk kegiatan surfing alias berselancar. Memang tidak semua pantai di Indonesia bisa digunakan untuk surfing dan hanya pantai-pantai dengan ombak yang besarlah yang pas untuk olahraga yang satu ini.

7 Destinasi Wisata Surfing di Indonesia Yang Jadi Favorit Peselancar

Untuk Anda para pecinta surfing, berikut telah kami rangkum beberapa destinasi wisata surfing di Indonesia yang ramai dikunjungi oleh para peselancar dari seluruh dunia.

1.      Pantai Kuta

Salah satu tempat surfing di Indonesia yang sangat populer di kalangan peselancar dunia adalah di Pantai Kuta yang berada di Pulau Bali. Sebagaimana yang kita ketahui, Pulau Bali merupakan tempat wisata yang sangat populer di Indonesia dan objek wisata pantai jadi andalan pariwisata Pulau Dewata. Tidak heran setiap tahunnya, Pulau Bali selalu ramai didatangi wisatawan lokal maupun mancanegara termasuk para peselancar.

Apalagi di sepanjang Pantai Kuta ini ada berbagai macam spot untuk surfing dan terdapat spot yang cocok untuk pemula sampai untuk peselancar profesional. Di sekitar Pantai Kuta juga ada yang menawarkan jasa sewa papan selancar dan jasa pelatihan surfing untuk pemula.

2.      Pantai Padang-Padang

Destinasi wisata surfing berikutnya masih berada di Bali yaitu Pantai Padang-Padang yang cukup populer di kalangan para peselancar lantaran tiap tahunnya menggelar acara Rip Curl Cup Padang Padang. Acara ini merupakan ajang kompetisi untuk para peselancar dunia sehingga wajar jika tempat ini jadi destinasi favorit banyak peselancar.

3.      Pantai Plengkung

Pantai Plekung yang berada di Banyuwangi juga ramai didatangi peselancar lokal dan mancanegara karena dikenal dengan keganasan ombaknya yang memacu adrenalin. Sebagai informasi, pantai ini juga jadi lokasi ajang sufing internasional dengan tajuk Bayuwangi G-Land Internasional Team Challenge. Karena itu tidak perlu ragu untuk pergi berselancar ke pantai ini.

4.      Pantai Sipora

Selanjutnya ada Pantai Sipora di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, yang menjadi salah satu lokasi surfing terbaik di Indonesia. Banyak peselancar kelas dunia yang jauh-jauh datang ke pantai ini untuk menaklukkan keganasan ombaknya. Di gugusan Kepulauan Mentawai sendiri terdiri dari beberapa rangkaian pulau tetapi pantai inilah yang dinilai punya “ombak ganas” yang disukai para peselancar.

5.      Pantai Nihiwatu

Pantai Nihiwatu yang berlokasi di Nusa Tenggara Timur ini masuk ke dalam daftar pantai terbaik untuk surfing versi Surfing Magazine dari sekian banyaknya pantai di seluruh dunia. Pantai Nihiwatu memang punya arus ombak yang terbilang kuat sehingga tidak terlalu ramai dikunjungi wisatawan. Sebaliknya, pantai ini justru jadi tujuan wisata favorit peselancar.

6.      Pantai Seger

Di Kabupaten Lombok Tengah, kalian bakal betah berselancar di Pantai Seger karena selain ombaknya cukup besar, keindahan alamnya juga sangat memanjakan mata. Tidak mengherankan pantai ini pernah ditunjuk sebagai lokasi acara MHA Open 2020 Surfing Competition yang merupakan acara kompetisi internasional untuk para peselancar dunia.

7.      Pantai Tanjung Setia

Di daftar pantai yang terakhir adalah Pantai Tajung Setia yang ada di Lampung. Masih dalam satu kawasan dengan Taman Nasional Bukit Barisan, pantai ini tidak hanya memiliki pemandangan di sekitar pantainya yang indah tetapi dari segi lokasi juga terbilang strategis serta mudah untuk dijangkau. Jadi jangan heran di pantai ini kalian bisa menemukan banyak peselancar sebab lokasinya yang strategis.