Tips Solo Travelling yang Aman dan Berkualitas

Spread the love

Banyak masyarakat yang mulai percaya diri untuk melakukan solo travelling di tengah aktivitas kehidupan mereka. Bahwa memang benar, dengan melakukan perjalanan liburan atau travelling bisa menjadi salah satu cara untuk menjadi sarana untuk refreshing, mengenal diri lebih baik dan berbagai manfaat lainnya. Selain itu kegiatan travelling sendiri mempunyai efek positif khususnya untuk diri sendiri, yaitu pada kesehatan mental sehingga lebih rileks, tidak rentan stres, pikiran kembali jernih sekaligus juga efektif untuk meningkatkan kadar kebahagiaan yang dirasakan.

Tips Lakukan Solo Travelling yang Aman, Nyaman dan Memuaskan

Kini melakukan solo travelling bukan hanya bisa dilakukan oleh kalangan laki-laki saja, namun kalangan wanita juga memiliki kesempatan untuk melakukan solo travelling sesuai keinginannya. Berikut adalah beberapa tips efektif untuk membuat kegiatan solo travelling yang Anda lakukan berjalan dengan aman, nyaman dan memuaskan.

  1. Lakukan di siang hari

Bahaya mengintai umumnya di waktu malam hari, maka jika Anda merasa kurang aman untuk bepergian sendiri lebih baik lakukan di siang hari. Karena ketika siang hari kondisi sekitar masih terang sehingga lebih mudah untuk mengamati keadaan dan meminta tolong ketika membutuhkan bantuan.

  1. Lakukan dengan percaya diri

Hindari terlihat seperti seseorang yang baru pertama kali melakukan perjalanan seorang diri untuk jarak jauh maupun dekat. Lakukan solo travelling dengan penuh percaya diri, namun tetap waspada dengan segala kemungkinan yang bisa terjadi. Sebaiknya tanyakan hal-hal yang tak Anda ketahui pada orang yang terpercaya seperti misalnya sopir bus, pemilik toko atau warung makan dan lain sebagainya.

  1. Gunakan kecanggihan teknologi

Dapatkan panduan untuk melakukan solo travelling dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi yang Anda miliki. Seperti misalnya dengan melakukan browsing seputar info wisata, jadwal alat transportasi umum, tiket wisata, jam buka tempat wisata dan lain sebagainya. Anda juga bisa mendapatkan info untuk penginapan dan akomodasi lainnya melalui aplikasi yang terinstal di gadget dengan mudah serta cepat.

  1. Bawa dokumen digital

Untuk mengantisipasi terjadinya kehilangan tas atau dompet saat melakukan perjalanan sendiri, sebaiknya scan dokumen penting kemudian simpan di Google Drive untuk bisa diakses dari mana saja dan kapan saja oleh Anda. Dokumen penting tersebut terdiri dari dokumen KTP, SIM, kartu keluarga hingga paspor.

  1. Ketahui kelemahan diri

Kemudian tips yang terakhir adalah dengan mengetahui apa yang menjadi kelemahan ataupun batasan yang dimiliki oleh diri sendiri. Seperti misalnya jika Anda mudah untuk dikelabui atau dibujuk rayu maka sebaiknya waspada ketika bertemu dengan orang baru. Atau ketika Anda mengonsumsi makanan dan minuman di tempat asing, sebaiknya waspada akan segala kemungkinan yang bisa merugikan diri sendiri.

Alasan Lakukan Solo Travelling Jauh Lebih Diminati

Mengapa sekarang lebih banyak wisatawan yang lebih menyukai solo travelling ketimbang melakukan perjalanan bersama dengan teman atau keluarganya? Bagi yang ingin tahu alasannya, berikut beberapa alasan yang kerap diberikan oleh mereka yang menyukai solo travelling.

– Untuk bisa lebih mengenal diri sendiri dengan lebih baik.

– Memiliki keberanian untuk mencoba hal dan tantangan baru.

– Melatih diri untuk bisa menjadi lebih mandiri.

– Mencari pengalaman baru yang lebih bervariatif.

– Kesempatan untuk memperoleh kenalan atau teman baru.

– Melatih respons dan daya tanggap ketika menghadapi masalah.

– Memiliki keahlian untuk mencari solusi atas kendala yang dihadapinya.

– Melatih ketrampilan mengelola keuangan dengan baik dan benar.